Wanita Makhluk Spesial Part 1

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Assalamu'alaikum wr.wb
Hari ini saya akan men-share sedikit pengetahuan yang saya dapat dari kajian di Rabbani, Rawamangun. saat itu, pematerinya adalah ustadzah Ivo. tema yang kali ini yang akan saya share berjudul "Wanita Makhluk Spesial"


Bismillairrahmanirrahim...
Sebenarnya, wanita itu siapa sih? apakah ada hal yang istimewa dari wanita?
wanita adalah makhluk yang diciptakan Allah, yang memiliki sifat yang lemah dan lembut.

Hadis Rasullulah mengatakan, “Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!” (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi)

Dear Shaliha, wanita itu amat spesial loh dimata Allah. sampai-sampai yang berhak melihat keindahan wanita hanya yang menjadi mahrom nya saja. mengapa sih wanita itu harus menutupi auratnya? gini loh dear, perumpamaan wanita muslimah itu seperti cokelat belanda yang dimana cokelat itu harganya sangat mahal sekali. tau tidak kenapa mahal? karena coklat dari negara tersebut mesti dibungkus berlapis-lapis agar terjamin ke higienisannya, dan ga sembarang orang yang bisa lihat wujud asli cokelat ini. nah, untuk bisa menikmati cokelat ini, orang harus membayar mahal dear. karena, coklat ini ga hanya mahal, tapi rasanya sudah dijamin enak. nah cokelat ini sebagai perumpaan wanita. wanita itu dijaga auratnya, supaya tidak sembarang orang yang bisa memilikinya. nah, gimana nih biar wanita itu bisa baik kualitasnya? Jadi, untuk mendapatkan kualitas yang baik, wanita perlu memperbaiki dirinya. dan yang akan mendapatkannya, tentu yang kualitasnya baik pula. dan mereka akan menjemputnya dengan menghalalkannya.

"wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)." (QS An Nur:26)

Wanita diperintahkan Allah untuk menutup auratnya. yaitu dengan menjulurkan jilbabnya hingga  menutupi dada. dimana jilbab merupakan bentuk rasa cinta kita kepada Allah SWT. jilbab yang kita pakai adalah untuk menjemput pahala dan ridho Allah.

Keutamaan sebuah Jilbab:
1. jilbab merupakan perintah Allah
2. jilbab mengangkat derajat wanita. mengapa mengangkat derajat wanita? karena, selagi kita menggunakan jilbab untuk mencari keridhaan Allah, maka apa apa yang dilakukan adalah ibadah. tapi yang dilakukan harus yang baik-baik ya dear :)
3. jilbab sebagai penutup aurat sekaligus perhiasaan
4. jilbab merupakan identitas seorang wanita yang beragama islam
5. jilbab sebagai pelindung dari sengatan panas dan dingin

wanita shaliha itu adalah sebaik-baiknya perhiasan. Wanita shaliha menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pedoman hidupnya "Peganglah teguh apa yang kami berikan, ingat apa yang ada didalamnya." (QS. 7:17)

nah, itu merupakan singkat pembelajaran yang saya dapat dari sebuah kajian.
part 2 akan bersambung. Insya Allah.
semoga kita semua mendapatkan ridho dari-Nya. mohon maaf jika ada kesalahan. wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk

Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning

10 soal tentang jamur dan protista beserta pembahasannya