Manfaat Bersedekah




 “ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (166) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tia-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (gajaran) bagi siapa yang dia kehendaki, dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui “.(Q.S.Al-Baqarah :2/261)

Allah Tabaraka wata’ala berfirman (di dalam hadits Qudsi): “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim)

Bagi seorang Muslim, wajib bagi kita untuk membantu sesama apalagi ada saudara kita yang membutuhkan bantuan kita. Allah sudah menjelaskan dalam firmanNya untuk saling tolong menolong terhadap sesama. berikut ayat Al-Qur'an yang menganjurkan kita untuk saling tolong menolong: 

"...Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya (Al-Maidah ayat 2)"

Bersedekah merupakan salah satu contoh dalam membantu sesama. seperti ayat diatas, surat Al-Baqarah ayat 261, maka ganjaran bagi orang yang bersedekah adalah Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa-siapa yang Ia kehendaki. dengan bersedekah kita tidak akan menjadi orang miskin. 

berikut adalah manfaat-manfaat lain dari bersedekah:

1. menghilangkan beban seseorang dan membuat bahagia mereka

dengan bersedekah, berarti kita memberikan sesuatu kepada seseorang baik itu sedekah amal, makanan, ilmu dan lain sebagainya. maka dengan kita berbagi, kita telah memberikan kebahagiaan kepada mereka.

2. Sedekah itu menular

disadari atau tidak, tindakan bersedekah dapat menular. misalnya, saat kita bersedekah, ada seseorang yang melihat dan ternyata hatinya tergerak untuk melakukan sedekah juga. atau misalnya saat kita memberikan sedekah kepada seseorang (orang miskin, anak yatim/piatu,dll). orang yang kita sedekahkan menjadikan kita panutannya untuk ikut juga bersedekah, ntah nanti saat dia dewasa, atau mungkin saat dia sukses atau bahkan meski keadaan mereka juga sulit, mereka ingin juga bersedekah. kita tidak tahu, perbuatan baik apa saja yang akan membawa kita bermanfaat bagi orang lain serta membekas dihati orang yang kita tolong tersebut.

3. membuat tenang

dengan bersedekah, hati akan menjadi tenang. ada kebahagiaan tersendiri saat kita bisa memberikan sesuatu kepada orang lain.

4. Allah lipat gandakan ganjaran dan Allah tidak akan membuat seseorang itu miskin hanya karna bersedekah

 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (Al Baqarah (2) : 261)

5. semakin bersyukur kita kepada Nikmat Allah
dengan bersedekah, kita jadi mengetahui bahwa ada banyak orang diluar sana yang hidup dengan keadaan sulit. bahkan ada banyak yang hidup sulit tapi tetap mengerjakan pekerjaan yang halal dan masih banyak dari mereka yang semangat untuk menuntut ilmu. maka dari itu, dengan bersedekah, kita akan selalu ingat kepada Allah serta mensyukuri apa yang kita punya. 


bersedekahlah, maka Allah akan selalu membantumu dikala sulit.
bersedekahlah, karena banyak orang yang membutuhkan bantuan kita.
bersedekahlah, karena sedekah itu membuat hati senang.
bersedekahlah, karena kamu itu mampu.

sekian ilmu yang saya punya. mohon maaf jika ada kesalahan Wa'allahualam bishawab.
wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk

Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning

10 soal tentang jamur dan protista beserta pembahasannya