Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning
Tiga pertanyaan tentang: Segmenting,
Targeting dan Positioning
1.
Untuk menentukan
karakter segmen pasar dapat dilakukan berbagai cara. Salah satunya adalah
dengan segmen preferensi. Identifikasikan segmen preferensi!
2.
Penentuan target
pasar dapat menimbulkan kontroversi publik. Tuliskan contoh penargetan pasar
yang dapat menimbulkan kontroversi publik.
3.
Apa itu
positioning? Dan apa hasil dari positioning dalam perusahaan?
Jawaban:
1.
Preferensi homogen ada ketika semua konsumen mempunyai preferensi
yang hampir sama; pasar tidak menunjukan segmen alami. Preferensi terdifusi mempunyai preferensi yang sangat bervariasi.
Jika ada beberapa merek di pasar, masing-masing ingin memposisikan diri di
dalam ruang persaingandan memperlihatkan perbedaan nyata untuk menyesuaikan
diri dengan perbedaan dalam preferensi konsumen. Preferensi kelompok dihasilkan ketika segmen pasar alami muncul
dari kelompok konsumen dengan preferensi yang sama.
2.
Contoh pertama: Industri sereal banyak dikritik karena usaha
pemasaran mereka yang diarahkan kepada anak-anak. Para kritikus khawatir bahwa
daya tarik tinggi yang ditampilkan melalui mulut karakter animasi yang disukai
aka mengalahkan pertahanan anak-anak dan membuat mereka menginginkan sereal
bergula atau makanan yang bergizi tak seimbang. Contoh kedua: McDonald’s dikritik karena memperkenalkan makanan
berlemak tinggi dan sangat asing kepada penduduk berpendapatan rendah didalam
kota.
3.
Positioning
adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar
dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian
konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam
kaitannya dengan para pesaingnya. Hasil dari positioning terciptanya dengan
sukses suatu proporsi nilai yang terfokus pada pelanggan.
Comments
Post a Comment