Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning



Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning

   1.      Untuk menentukan karakter segmen pasar dapat dilakukan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan segmen preferensi. Identifikasikan segmen preferensi!

   2.      Penentuan target pasar dapat menimbulkan kontroversi publik. Tuliskan contoh penargetan pasar yang dapat menimbulkan kontroversi publik.
  
   3.      Apa itu positioning? Dan apa hasil dari positioning dalam perusahaan?

Jawaban:

   1.      Preferensi homogen ada ketika semua konsumen mempunyai preferensi yang hampir sama; pasar tidak menunjukan segmen alami. Preferensi terdifusi mempunyai preferensi yang sangat bervariasi. Jika ada beberapa merek di pasar, masing-masing ingin memposisikan diri di dalam ruang persaingandan memperlihatkan perbedaan nyata untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan dalam preferensi konsumen. Preferensi kelompok dihasilkan ketika segmen pasar alami muncul dari kelompok konsumen dengan preferensi yang sama.

   2.       Contoh pertama: Industri sereal banyak dikritik karena usaha pemasaran mereka yang diarahkan kepada anak-anak. Para kritikus khawatir bahwa daya tarik tinggi yang ditampilkan melalui mulut karakter animasi yang disukai aka mengalahkan pertahanan anak-anak dan membuat mereka menginginkan sereal bergula atau makanan yang bergizi tak seimbang. Contoh kedua: McDonald’s dikritik karena memperkenalkan makanan berlemak tinggi dan sangat asing kepada penduduk berpendapatan rendah didalam kota.

   3.      Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Hasil dari positioning terciptanya dengan sukses suatu proporsi nilai yang terfokus pada pelanggan.

Comments

Popular posts from this blog

Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk

10 soal tentang jamur dan protista beserta pembahasannya