Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk
Tiga pertanyaan tentang: Penetapan
Harga Produk
1. Perusahaan harus
mempertimbangkan banyak faktor dalam menentukan kebijakan penetapan harga.
Tuliskan langkah-langkah penetapan harga!
2. Kapan seharusnya
perusahaan melakukan perubahan harga?
3. Bagaimana seharusnya perusahaan menanggapi perubahan harga pesaing?
3. Bagaimana seharusnya perusahaan menanggapi perubahan harga pesaing?
Jawaban:
1.
Pertama, memilihi
tujuan penetapan harga. Kedua, menentukan permintaan. Ketiga, memperkirakan
biaya. Keempat, menganalisis biaya, harga,dan penawaran pesaing. Kelima,
memilih metode penetapan harga. Keenam, memilih harga akhir
2.
Situasi yang mengharuskan Perusahaan
untuk menurunkan atau menaikkan harga.
Memulai penurunan harga
Beberapa keadaan mungkin menyebabkan
perusahaan menurunkan harga. Salah satunya adalah kapasitas pabrik yang
berlebihan. Perusahaan tersebut mungkin hanya mengandalkan penetapan harga
agresif, tetapi dengan memulai penurunan harga, perusahaan tersebut mungkin
akan memicu perang harga.
Perusahaan-perusahaan kadang-kadang memulai
penurunan harga dalam rangka gerakan mendominasi pasar melalui biaya yang lebih
rendah.Strategi penurunan harga mengandung kemungkinan jebakan:
Jebakan mutu rendah.
Konsumen akan menganggap bahwa mutu tersebut
rendah.
Jebakan pangsa pasar rapuh.
Harga rendah merebut pangsa pasar, tetapi
bukan kesetiaan pasar. Pelanggan yang sama akan beralih ke setiap perusahaan
yang memberikan harga yang lebih rendah yang datang kemudian.
Jebakan dompet tipis.
Pesaing dengan harga yang lebih tinggi
mungkin akan menurunkan harganya dan mungkin memiliki daya tahan yang lebih
lama karena memiliki cadangan tunai yang lebih banyak.
Memulai kenaikan harga
Keberhasilan menaikkan harga dapat
meningkatkan laba yang cukup besar. Keadaan utama yang menyebabkan kenaikan
harga adalah inflasi biaya. Faktor lain yang menyebabkan kenaikan harga adalah
permintaan yang berlebihan.
Harga dapat dinaikkan dengan cara-cara
berikut, masing-masing memiliki dampak yang berbeda terhadap pembeli.
Penundaan pengumuman harga (delayed quotation
pricing)
Perusahaan tersebut tidak menetapkan harga
akhir hingga produk itu selesai atau dikirimkan.
Klausula eskalator (escalator clause).
Perusahaan tersebut mengharuskan pelanggan
membayar harga hari ini dan semua atau sebagian kenaikan inflasi yang terjadi
sebelum pengiriman.
Pemisahan bagian (unbunding)
Perusahaan tersebut mempertahankan harganya,
tetapi melepas atau menetapkan harga tersendiri untuk satu atau beberapa elemen
yang tadinya merupakan bagian dari tawaran sebelumnya, seperti pengiriman dan
pemasangan gratis. Perusahaan mobil kadang-kadang menambah rem antilock dan
kantong udara samping penumpang sebagai pelengkap tambahan pada kendaraan
mereka.
Pengurangan diskon
Perusahaan tersebut memerintahkan tenaga
penjualannya untuk tidak lagi menawarkan diskon tunai dan diskon kuantitas
seperti biasanya.
3.
Dengan
beberapa cara :
Mempertahankan harga : Pemimpin tersebut dapat mempertahankan
harga dan margin lanbanya .
Mempertahankan harga dan menambah nilai : Pemimpin tersebut dapat meningkatkan
produk, layanan,, dan komunikasinya.
Menurunkan harga : Pemimpin tersebut mungkin menurunkan
harganya
Menaikkan harga dan meningkatkanm mutu : Pemimpin tersebut mungkin menaikkan
harganya dan memperkenalkan merek-merek baru untuk mengepung merek yang
menyerang tersebut.
Meluncurkan lini penyerang berharga murah : Perusahaan tersebut mungkin akan
menambahkan barang berharga murah ke lini tersebut atau menciptakan merek
terpisah berharga murah.
Comments
Post a Comment