Rangkuman Kajian tentang Alquran

Assalamu'alaikum wr.wb..
hari ini saya akan menuliskan rangkuman dalam sebuah kajian yang saya ikuti pada tanggal 15 Oktober 2017. tema nya adalah "Hidup Tanpa Quran Hampa Sob!" yang dibawakan oleh Syaikh Ahmad Al Mishry dan ka Rizal Wahid.
Bismillahirrahmanirrahim...

Dijaman yang makin modern ini, Alhamdulillah semakin banyak orang yang berkeinginan untuk menghafalkan Qur'an. tapi tidak jarang kita temukan, mereka kesulitan dalam menghafal Qur'an. lalu bagaimana? menghafal Qur'an itu yang paling penting adalah niat dan keinginan. Allah memilih orang yang menghafal Quran. maka dari itu, berdoalah kepada Allah supaya kita dipilih Allah untuk menjadi salah satu yang dipilihNya untuk menghafal Quran.
lalu bagaimana jika kita kesulitan dalam menghafal Quran? kita merasa tidak bisa menghafalkannya dengan benar apalagi lancar dan cepat? jawabannya adalah, berperasangkalah baik kepada Allah saat kita sulit menghafal Quran. anggap saja, Allah ingin kita selalu dekat dengan Al-Quran, maka jangan menyerah saat menghafal Quran, Allah menginginkan kamu lebih dekat denganNya. Insya Allah. dan, ketika bersama quran, janganlah kita merasa ingin cepat-cepat menyelesaikan alquran karena tugas kita ini sebenarnya adalah "menghafal saja." hafalkan saja meski belum bisa sampai 30 juz.

Rasulullah saw, mengatakan bahwa orang yang mendengarkan alquran pahalanya sama dengan orang yang membacanya.
membaca quran itu pahalanya besar sekali. Rasulullah saw bersabda "malaikat bersama orang-orang yang lancar membaca quran" lalu bagaimana dengan orang yang membaca qurannya masih terbata-bata? orang yang membaca quran tetapi masih terbata-bata, mereka mendapat 2 pahala. MasyaAllah.
bacalah quran sesering mungkin. jadikan lah quran sebagai sahabat kita. karena kelak alquran akan menjadi syafaat kita di akhirat nanti.

Rangkuman tanya jawab dikajian:
1. hukum membaca quran, apakah harus berwudhu dulu?
jawabannya, tidak ada tuntutan kewajiban dalam membaca quran untuk berwudhu. tapi ini adalah masalah adab. wudhu sebelum membaca quran adalah etika kita dihadapan Allah.
2. baca quran tidak memakai kerudung. sah atau tidak?
jawabnnya Sah. tapi tidaklah layak bagi kita membaca quran dihadapan Allah jika tidak memakai kerudung. ini masalah etika dan adab kita saat bersama Allah.
3. apa hukum membaca quran saat sedang haid?
jawabannya, tidak boleh. harus sampai suci. tapi ada yang berpendapat bahwasannya boleh, tetapi tidak boleh menyentuh quran secara langsung.
4. mengapa di alquran Allah mengatakan kami?
jawabannya, kami yang dimaksud dalam alquran adalah keagungan dan kebesaran Allah SWT. (cukup banyak sebenarnya penjelasan dari syekh, tapi kesimpulannya seperti itu)

sekian rangkuman kajian, semoga bermanfaat. maaf jika ada kesalahan. wa'allahualambishawab.
wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk

Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning

10 soal tentang jamur dan protista beserta pembahasannya