PENDAPATAN PRIBADI DAN PENDAPATAN DISPOSEBEL



PENDAPATAN PRIBADI DAN PENDAPATAN DISPOSEBEL

PENDAPATAN PRIBADI
Pendapatan pribadi dapat diartikan sebagai semua jenis pendapatan, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa memberikan sesuatu kegiatan apapun, yang diterima oleh penduduk sesuatu Negara. Dari istilah pendapatan pribadi ini dapatlah disimpulkan bahwa dalam pendapatan pribadi telah termasuk juga pembayaran pindahan. Pembayaran tersebut merupakan pemberian – pemberian yang dilakukan oleh pemerintah kepada berbagai golongan masyarakat di mana para penerimanya tidak perlu memberikan suatu balas jasa atau usaha apa pun, sebagai imbalannya.

Bunga pinjaman konsumen dan pemerintah

Pendapatan masyarakat lain yang tidak tergolong kepada pendapatan nasional tetapi termasuk di dalam pendapatan pribadi adalah pendapatan yang berupa bunga ke atas utang Negara dan bunga ke atas pinjaman untuk konsumsi. Sebab kedua jenis bunga tersebut tidak termasuk sebagai pendapatan nasional. Karena pendapatan pribadi meliputi semua pendapatan masyarakat, tanpa menghiraukan apakah pendapatan itu diperoleh dan menyediakan factor – factor produksi atau tidak.

YANG TIDAK TERMASUK DALAM PENDAPATAN PRIBADI

1.  Keuntungan perusahaan yang tidak dibagikan
2.  Pajak yang dikenakan pemerintah ke atas keuntungan perusahaan
 3.  Kontribusi yang dilakukan oleh perusahaan dan para pekerja kepada dana pensiun.


Hubungan antara pendapatan nasinal dan pendapatan pribadi
PENDAPATAN NASIONAL
Dikurangi:
1.      Keuntungan perusahaan tak dibagi
2.      Pajak keuntungan perusahaan
3.      Konstribusi kepada dana pensiun (kalau ada)
Ditambah:
1.      Pembayaran pindahan
2.      Bunga pinjaman konsumen
3.      Bunga pinjaman pemerintah
= PENDAPATAN PRIBADI

PENDAPATAN DISPOSEBEL
Apabila pendapatan pribadi dikurangi oleh pajak yang harus dibayar oleh para penerima pendapatan, nilai yang tersisa dinamakan pendapatan disposebel. Pada hakikatnya pendapatan ini dapat digunakan oleh para penerimanya, yaitu semua rumah tangga yang ada dalam perekonomia, untuk membeli barang-barang dan jasa yang mereka ingini. Tapi tidak semua dapat digunakan untuk tujuan konsumsi, sebagian darinya ditabung dan sebagian lainnya untuk membayar bunga pinjaman.
Hubungan antara (1)  pendapatan disposebel (Yd) dan pendapatan pribadi (Yp), dan (2) pendapatan disposebel (Yd) dengan konsumsi dan tabungan, dinyatakan dengan rumus berikut:
(1)   Yd = Yp – T
(2)   Yd = C + S

MENENTUKAN TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI
Salah satu kegunaan penting dari data pendapatan nasional adalah untuk menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai sesuatu negara dari tahun ke tahun.
CARA MENGHITUNG TINGKAT PERTUMBUHAN
Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh suatu negara perlulah dihitung pendapatan nasional riil, yaitu Produk Nasional Bruto riil atau Produk Domestik Bruto riil.
FORMULA PERHITUNGAN
Perhitungan pendapatan nasional memungkinkan tingkat pertumbuhan ekonomi secara langsung dihitung dari data pendapatan nasional riil yang tersedia. Formula yang akan digunakan untuk menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi ialah:
g =   100%
dimana g adalah tingkat pertumbuhan ekonomi dan dinyatakan dalam persen. PN riil1 adalah pendapatan nasionaluntuk tahun diman atingkat pertumbuhan ekonominya dihitung dan PN riil0 adalah pendapata nasional pada tahun sebelumnya.
Jika suatu negara tidak melakukan perhitungan pendapatan nasional menurut harga tetap, maka ada 2 tahap yang harus dilakukan untuk menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi: (i) dengan mendeflasikan pendapatan nasional pada harga masa ini, dan (ii) menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi. Untuh menghitung pada tahap (i) formulanya adalah
PNriiln =  
Dimana PNriiln adalah pendapatan nasional riil tahun n, HI adalah indeks harga atau pendeflasi pendapatan nasional (GNP deflator) pada tahun n, dan PN masa ini adalah pendapatan nasional pada harga masa ini, yaitu pada tahun n.

Comments

Popular posts from this blog

Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk

Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning

10 soal tentang jamur dan protista beserta pembahasannya