ANALISIS LAPORAN KEUANGAN-DASAR ANALISIS BISNIS

LAPORAN KEUANGAN-DASAR ANALISIS BISNIS

Laporan keuangan menginformasikan empat aktivitas utama perusahaan:

1. Aktivitas Perencanaan
yaitu aktivitas perusahaan untuk mengimplementasikan maksud, strategi, dan taktit perusahaan untuk aktivitas bisnisnya. rencana bisnis membantu manajer dalam memusatkan usaha mereka dan mengidentifikasikan kesempatan dan rintangan yang diharapkan.

2. Aktivitas Pendanaan
yaitu metode atau cara perusahaan untuk mendapatkan dana agar rencana bisnisnya berjalan. terdapat dua sumber pendanaan utama dalam aktivitas pendanaan, yaitu berasal dari eksternal dan kreditor. eksternal disini adalah investor dan kreditur adalah pemberi pinjaman misalnya pinjaman dari bank. dalam laporan keuangan, aktivitas pendanaan berada pada laporan posisi keuangan yang terdapat disisi kanan di bagian liabilitas dan ekuitas.

3. Aktivitas Investasi
yaitu aktivitas yang mengacu pada perolehan dan pemeliharaan investasi dengan tujuan menjual produk dan menyediakan jasa, dan untuk menginvestasikan kelebihan kas. dalam laporan keuangan, aktivitas investasi berada pada laporan ekuitas pemegang saham dan laporan posisi keuangan dibagian asset.

4. Aktivitas Operasi
yaitu aktivitas yang menggambarakan pelaksanaan dari sebuah rencana bisnis dalam aktivitas pendanaan dan aktivitas investasi. aktivitas operasi melibatkan lima komponen yaitu penelitian dan pengembangan, pembelian, produksi, pemasaran dan administrasi. aktivitas operasi mencerminkan laba dari suatu perusahaan. dan laba tersebut mencerminkan apakah perusahaan itu bagus atau buruk. maka dari itu, dalam laporan keuangan, aktivitas operasi terdapat pada laporan laba rugi.

Comments

Popular posts from this blog

Tiga pertanyaan tentang: Penetapan Harga Produk

Tiga pertanyaan tentang: Segmenting, Targeting dan Positioning

10 soal tentang jamur dan protista beserta pembahasannya